PRESTASI AKADEMIK SANGAT BAGUS; SMA di Sleman Banyak Peminatnya

SLEMAN (KR) - Prestasi akademik sekolah di Sleman, khususnya tingkat SMA ternyata sangat bagus. Berdasarkan data Hasil Ujian Nasional (Unas) tingkat SMA se Propinsi DIY tahun 2006/2007 lalu, prestasi akademik SMA baik negeri maupun swasta di Kabupaten Sleman cukup membanggakan. Menurut Kabag Humas Pemkab Sleman Dra Endah SW, untuk jurusan IPA dilihat dari ranking pencapaian nilai dari 3 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, 7 SMA dari Sleman masuk dalam posisi di 40 dari 142 SMA se DIY. Ketujuh SMA tersebut adalah SMAN 1 Godean di peringkat 8, SMA Kolese De Britto peringkat 11, SMAN 1 Pakem peringkat 14, SMAN 1 Cangkringan peringkat 22, SMAN 1 Sleman peringkat 26, SMAN 1 Kalasan peringkat 31 dan SMAN 1 Mlati peringkat 41.

Sedang untuk jurusan IPS, dari ranking pencapaian nilai 3 mata pelajaran yaitu Ekonomi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, ada 10 SMA masuk dalam posisi di 40 dari 171 sekolah di DIY. Yakni SMAN 1 Godean di peringkat 9, SMA Kolese De Britto di peringkat 10, SMAN 1 Sleman di peringkat 11, SMAN 1 Pakem di peringkat 12 , SMAN 1 Kalasan di peringkat 13, SMAN 1 Depok di peringkat 19, SMAN 1 Prambanan di peringkat 32, SMA Muhammadiyah Pakem di peringkat 33, SMAN 2 Ngaglik di peringkat 35 dan SMAN 1 Mlati di peringkat 37, ujar Endah kepada wartawan, Sabtu (10/5). Sedangkan untuk jurusan Bahasa, dari ranking pencapaian nilai 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa, bahkan masuk kedalam 3 besar dari 9 SMA se DIY. Yakni SMA Kolese De Britto di peringkat 3, SMAN Seyegan di peringkat 9. Demikian pula prestasi non akademik SMA-SMA di Sleman juga cukup menggembirakan.

Jadi tidak heran kalau SMA-SMA di Sleman banyak diminati masyarakat luar Sleman seperti dari Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan Kota Yogya. Terutama untuk SMA-SMA yang berbatasan wilayahnya dengan Sleman. Banyak pula siswa yang datang dari wilayah Jawa Tengah seperti Magelang, Klaten dan bahkan dari luar Jawa. Orangtua mereka dengan sengaja mengirimkan anaknya untuk belajar di Sleman, kata Endah. Untuk meningkatkan kualitas, lanjutnya, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Sleman di tingkat SMA. Di antaranya dengan membuat sekolah andalan, membuat kurikulum bersifat muatan lokal, meningkatkan profesionalitas guru, dan meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Saat ini jumlah SMA di Kabupaten Sleman ada 51 sekolah, yang menyebar di 17 kecamatan terdiri dari 17 SMA Negeri dan 34 SMA swasta, tambah Endah. (Has)-n

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir