Jalur Mudik SBY Dikebut

RADAR JOGJA- Persiapan menyambut event tahunan mudik yang masih dua minggu lagi sudah terlihat. Sejumlah jalur mudik yang rusak diperbaiki. Jembatan, jalan, rambu-rambu ditata lebih rapi. Begitu pula yang tampak di jalur Wonosari-Pacitan. Sejumlah ruas jalan di Jalan Wonosari terlihat dikebut pengerjaannya. Beberapa titik di ruas jalan Jogja Wonosari juga terus dilakukan normalisasi. Salah satunya Jembatan Semanu yang menuju ke arah Pacitan.

Jalan yang selalu dilewati SBY ketika pulang ke Pacitan ini tampak dikebut untuk dikerjakan. Sejumlah pekerja sibuk mengerjakan perbaikan jembatan. Begitu pula di Jogja. Dinas Kesehatan Kota Jogja menyiapkan sedikitnya enam posko kesehatan di titik-titik rawan kecelakaan dan pusat keramaian. Posko tersebut nantinya akan didirikan secara terpadu disamping posko keamanan.

Rencananya posko akan dioperasionalkan antara H-7 hingga H+7 Lebaran. Untuk memperlancar pelayanan kesehatan, disiapkan juga 25 unit mobil ambulans keliling yang juga disiagakan selama 24 jam. Mobil ambulans diambil dari tiap puskesmas dan rumah sakit umum/swasta. Titik-titik posko kesehatan di antaranya didirikan di stasiun Tugu, stasiun Lempuyangan, teteg Jl Malioboro, terminal Giwangan, kebun binatang Gembiraloka, dan depan Mal Galeria Jl Solo.

Tiap posko akan diisi 3-4 orang anggota tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, PMI dan anggota Pramuka,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Chairul Anwar, kemarin. Selain posko kesehatan, sejumlah 18 pusksemas yang tersebar di Kota Jogja juga disiagakan selama 24 jam sejak H-7 hingga H+7 Lebaran. Kecuali pada hari H yang jatuh pada 1 September mendatang, hanya 3 puskesmas yang dioperasionalkan. Yakni puskesmas Jetis, Mergangsan, dan Tegalrejo. Soal stok obat, Chaerul menyatakan masih mencukupi. “luka ringan bisa langsung ditangani di posko.

Kalau luka berat akan kita rujuk ke rumah sakit,” katanya. Menurutnya, resiko kecelakaan yang terjadi di Kota Jogja karena faktor kelelahan. Akibat tidak bisa menahan kantuk, maka terjadi tabrakan atau laka tunggal. (yog)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor