HARI PERTAMA PENDAFTARAN CPNS PEMPROP DIY ; Dari 89 Berkas, Baru 50yang Lengkap

YOGYA (KR) - Hari pertama pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprop DIY, Sabtu (15/11), belum banyak pendaftar yang memasukkan berkas-berkasnya. Pada hari pertama kemarin tercatat baru 89 pendaftar yang menyerahkan kembali berkas pendaftarannya kepada pihak panitia. Dari jumlah itu pun, baru 50 berkas yang lengkap. Sisanya masih terdapat sejumlah kekurangan persyaratan sehingga harus dilengkapi lagi.

“Hari pertama ini memang tidak begitu ramai. Kalaupun banyak peminat yang datang ke tempat pendaftaran, kebanyakan masih bertanya-tanya tentang persyaratan. Karena waktunya cukup panjang, hingga 2 Desember mendatang, jadi memang masih terbuka kesempatan cukup luas bagi para calon pendaftar,” ujar Kepala Biro Kepegawaian Pemprop DIY Sudibyo SH kepada KR di kantornya kemarin sore.

Sudibyo juga mengingatkan kepada masyarakat khususnya para pelamar CPNS Pemprop DIY, jika menghadapi ketidakpuasan pelayanan dari para petugas/ panitia, akan menyampaikan berbagai keluhan, masukan maupun minta informasi, bisa disampaikan melalui email: birokepeg@yahoo.com. Selain itu, bisa pula langsung ke petugas informasi di tempat pendaftaran yang dilaksanakan di Gedung Transito Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY Jalan HOS Cokroaminoto 156 Yogyakarta selama masa pendaftaran.

Menurut Sudibyo, berdasarkan pengamatan sementara dari pendaftar yang mengembalikan berkasnya, kebanyakan mereka berlatarbelakang pendidikan ekonomi, hukum, dan sosial politik. “Sarjana Ekonomi sementara ini yang paling banyak pendaftarnya,” imbuh Sudibyo.
Sudibyo juga mengimbau kepada para pendaftar agar mencermati betul persyaratan yang ditentukan. Sehingga saat mendaftarkan, berkas-berkasnya sudah lengkap. “Kalau belum jelas, masih ragu-ragu dan sebagainya, tanya saja kepada petugas pendaftaran atau informasi. Hal ini saya sampaikan mengingat masih banyak pendaftar yang persyaratannya belum lengkap. Sebagai contoh, di Loket 3 dari 18 berkas yang masuk, 8 di antaranya harus dikembalikan untuk dilengkapi, karena berkas-berkasnya belum lengkap,” ujar Sudibyo.

Permasalahan lain yang banyak ditanyakan calon pelamar yakni soal akreditasi perguruan tinggi. Misalnya sarjana yang pada saat lulus dulu kampusnya belum terakreditasi A tapi sekarang sudah.
Sementara itu untuk Kota Yogyakarta, pendaftaran CPNS akan dimulai Senin (17/11) besok setiap hari kerja mulai pukul 08.00-13.00 WIB. Tempat pendaftaran di Gedung Asrama Mahasiswa UGM Dharma Putra Jalan Andung No 1 Baciro (sebelah barat Stadion Mandala Krida). “Kecuali Jumat, pendaftaran hanya sampai pukul 10.00 WIB. Demikian pula Sabtu hanya dilayani hingga pukul 12.00 WIB. Tetapi para pendaftar diberi kesempatan mendaftar yang cukup panjang, sekitar 2 minggu, sampai 29 November mendatang,” ujar Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Drs Hardono di Balaikota kemarin.

Hardono kembali menegaskan, proses pengadaan CPNS ini sejak pendaftaran, seleksi hingga penentuan kelulusan tidak ada pungutan biaya. Selain itu bebas dari praktik korupsi, kolusi serta nepotisme. “Tidak ada pungutan biaya. Yang penting persyaratan dilengkapi selengkap-lengkapnya saat mendaftar. Sehingga tidak perlu mondar-mandir mendaftar,” ujarnya. Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan langsng ke tempat pendaftaran atau membuka layanan informasi pengadaan CPNS Kota Yogya di www.jogja.go.id. (San/Ret)-f

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor