|

Rangsang Belanja Lewat Jogja Fair

JOGJA- Sejumlah cara dilakukan kalangan pengusaha Jogja untuk mengantisipasi dampak krisis global. Di antaranya dengan menggelar kegiatan pameran produk. Dalam waktu hampir berbarengan digelar Jogja Bangkit Fair, Jogja Great Sale, dan Jogja FairPesona Wisata Belanja.
Ketiganya saat ini masih berlangsung. Kemarin, Jogja Fair Pesona Wisata Belanja mulai digelar di Jogja Expo Center. Pameran tersebut menawarkan produk alat-alat rumah tangga, alat telekomunikasi, kendaraan, hingga makanan khas dari berbagai daerah.

Diharapkan, berbagai pameran tersebut bisa membuka peluang usaha dan meningkatkan perekonomian Jogja melalui pintu pariwisata. Usaha kecil dan mengengah sangat berperan dalam memajukan pariwisata Jogja melalui produk khas. Berupa berbagai bentuk kerajinan dan cinderamata.

Upaya pemerintah mendukung kemajuan ekonomi dengan memberikan fasilitas agar wisatawan dari luar Jogja tinggal lebih lama. Selain mengoptimalkan fungsi perhotelan, pemkot mengembangkan fasilitas belanja. Salah satunya melalui pameran-pameran produk ini. Karena pada hakekatnya orang berwisata itu melihat, makan dan membeli.

Salah seorang panitia penyelenggara Pesona Wisata Belanja Deddy Mirwansyah mengaku optimistis pameran yang digelar selama satu minggu itu akan berhasil. Pasalnya selain menggelar pameran, pihaknya juga mempromosikan tempat-tempat wisata sekaligus tempat belanja di beberapa titik. Antara lain Jl� Malioboro, Pasar Beringharjo, Tamansari, dan kompleks Sosrowijayan. "Selama pameran, kami menargetkan bisa terjadi transaksi sebesar Rp 10 miliar," ujarnya.

Untuk menciptakan lenght of stay, pihak penyelenggara bekerjasama dengan beberapa travel agent dan hotel di Kota Jogja sebagai rujukan bagi wisatawan. Pameran tersebut diikuti oleh 257 peserta. Dibanding tahun lalu, jumlah peserta mengalami peningkatan sekitar 25 persen. Karenanya panitia menambah luas area pameran menjadi 12 ribu m2 dari 10 ribu m2 pada tahun lalu. "Area tambahan diisi industri perumahandan distro yang tidak ada tahun lalu," ujar Deddy.

Berbagai program perangsang untuk menarik minat pengunjung, penyelenggara menyediakan voucher undian dengan grand prize berupa dua sepeda motor. Voucher berlaku setiap pembelian produk minimal Rp 1 juta. Selain itu digelar panggung hiburan dan arena bermain anak. Serta pameran tanaman hias di area Kampoeng Djogja, di teras JEC. (yog)

Posted by Wawan Kurniawan on 16.58. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented