Pengunjung Luber, Tangkapan Ikan Sedikit

RADAR JOGJA - BANTUL - Kenaikan jumlah pengunjung selama liburan di pantai selatan menjadi kesedihan bagi para nelayan di Pantai Depok. Mereka tidak dapat memenuhi permintaan pengunjung yang sejak tiga hari lalu memadati kawasan pantai.
Pasalnya, cuaca yang tidak mendukung, ombak yang besar serta bukan musim ikan membuat nelayan tidak dapat menangkap ikan dalam volume banyak.

Nelayan yang sehari-harinya melaut terhitung banyak. Namun, hasilnya tidak memuakan. Sebagian nelayan memilih tidak mencari ikan.

Beberapa nelayan mengatakan hasil tangkapan beberapa pekan terakhir ini turun sekitar 50 persen."Biasanya bisa satu kuintal. Tapi saat ini hanya separohnya saja. Itupun terdiri dari berbagai jenis ikan," terang seorang nelayan.

Beberapa jenis ikan yang banyak ditangkap seperti layur, bawal dan bader. Ikan-ikan ini diminati pengunjung yang datang dari berbagai penjuru.

Pada liburan Natal, jumlah pengunjung di Parangtritis dan Depok meningkat dibandingkan hari biasa. Angkanya mencapai 7.723 orang dengan pemasukan Rp 14 juta.

Sub Koordinator TPR Induk Parangtritis Hariyanto mengatakan, jumlah tersebut diperkirakan bertambah pada malam Satu Suro, Minggu (28/12) mendatang.

Mereka rela menunggu para nelayan mendarat dengan harapan bisa mendapatkan ikan-ikan segar. Sementara nelayan yang tidak melaut mengalihkan aktivitasnya memperbaiki peralatan menangkap ikan.

Nelayan mengungkapkan, penurunan harga BBM tidak mengubah keadaan. Mereka tetap saja tidak mendapatkan keuntungan lantaran hasil tangkapan tidak membaik. Di Pantai Depok saat ini terdapat sekitar 30 kapal. Dari jumlah itu, sekitar 20 kapal yang melaut. (din)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor