|

BANYAK TERGERUS DERASNYA AIR; 25 Persen Jalan di Kota Rusak

YOGYA (KR) - Dari sepanjang 225 Km jalan di Kota Yogyakarta, sekitar 25 persen di antaranya mengalami kerusakan. Adanya kerusakan itu terutama akibat derasnya aliran air hujan, selain usia jalan yang memang sudah waktunya untuk diganti.
“Jalan itu akan mudah rusak jika tergerus air secara terus-menerus. Padahal akhir-akhir ini, aliran air akibat turunnya hujan semakin deras, sehingga memperparah kondisi jalan di Kota Yogya,” ungkap Kepala Dinas Kimpraswil Kota Yogyakarta Ir Eko Suryo menjawab pertanyaan KR di ruang kerjanya, Kamis (12/2).

Untuk mengatasi kerusakan agar tidak semakin parah, tahun 2009 ini Dinas Kimpraswil Kota Yogya memprioritaskan untuk perbaikan jalan, khususnya jalan di lingkungan pemukiman. “Kurang lebih 80 persen anggaran kegiatan akan difokuskan untuk perbaikan jalan. Besaran dana sekitar Rp 7 miliar yang diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat,” terang Eko.
Sedangkan untuk genangan, masih ada sekitar 72 titik. Titik-titik tersebut tersebar di wilayah Kota, tapi sebagian besar ada di daerah Tahunan Umbulharjo. Tahun 2009 ditargetkan setidaknya 10 titik genangan dapat teratasi. “Debit air cukup banyak, apalagi musim penghujan seperti ini. Tapi saluran yang ada masih lancar dan dapat mengkaver aliran. Kalaupun ada genangan, tidak lama akan menyusut,” jelasnya.
Ditambahkan Eko, selain jalan, tahun 2009 ini juga dilaksanakan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) di 200 titik dengan dana sekitar Rp 400 juta. Serta perbaikan lampu-lampu di pemukiman di 100 titik. Sedangkan untuk perbaikan Saluran Air Hujan (SAH) dan irigasi dianggarkan Rp 1,4 miliar. (Ret)-f

Posted by Wawan Kurniawan on 05.26. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels