Minggu, 08 Februari 2009

RADAR JOGJA - Sedikitnya 150 anak usia pra sekolah dan usia Taman Kanak-kanak (TK) terlihat sibuk menempel dan menggunting kertas koran. Meski potongan-potongannya tampak belum begitu rapi, namun semangat mereka yang selalu ditunjukkan dengan tawa patut diacungi jempol.

Meski begitu, tak semua bocah-bocah lugu itu menikmati kegiatan menempel dan menggunting yang dipandu oleh guru-guru mereka. Beberapa diantaranya ada yang enggan bersentuhan dengan lem jika harus menempel-nempel potongan-potongan kertas koran ke sebuah kertas putih.

Namun hal itu tak menjadi masalah bagi teman-temannya yang lain, sebab, sebagian besar dari mereka sangat antusias mengerjakan kegiatan yang mungkin baru pertama kali mereka lakukan, yakni membuat kliping. Setelah itu beberapa diantara mereka membacakan kliping tersebut di depan guru, wartawan, maupun teman-temannya. Setelah itu, bocah-bocah berpakaian seragam olah raga itu mendapat penjelasan dari beberapa wartawan mengenai tugas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Dengan dukungan layar lebar dan gaya bercerita lucu dari wartawan tersebut, anak-anak itu enggan beranjak dari tempatnya duduk.

Meski sebagian besar dari anak-anak itu belum fasih membaca dan tak tahu apa itu kliping ketika ditanya Radar Jogja, semangat mereka untuk membuat kliping bertema bakat anak itu mendapat sambutan yang meriah dari para murid dan orang tua. "Kita memang lebih menekankan ketrampilan menggunting dan menempel untuk anak-anak playgroupnya, sedangkan untuk anak-anak TK-nya kita tekankan ke pengenalan profesi wartawan," tutur Director TK dan Playgroup Kreatif Primagama Dra Hj. Baiq Nur Hasri Kesuma kepada wartawan saat mendampingi murid-muridnya di TK dan Playgroup Kreatif Primagama Cabang 2 Jogja yang berada di Kentungan.

Kliping yang dibuat dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang diselenggarakan serentak di 16 kota di Indonesia itu berhasil meraih rekor Muri dengan kategori kliping terbanyak yang dibuat oleh murid playgroup dan TK. Diikuti oleh 360 peserta anak didik TK dan Playgroup Primagama di Jogja, penghargaan ini merupakan yang ke dua kalinya diraih oleh mereka. Tahun 2008, mereka juga pernah meraih rekor Muri dalam kategori menggambar di atas kereta api Prambanan Expres (Pramex) yang berjalan dari Jogja ke Solo.

Dengan memasukkan tema pers, TK dan Playgroup Kreatif Primagama sebagai penyelenggara acara ini bermaksud memberi bingkisan segar kepada insan pers. "Kita merasa senasib sepenanggungan dengan insan pers yang dituntut untuk selalu berkembang dalam persaingan yang semakin ketat sekarang ini," imbuhnya. Untuk itu, kegiatan semacam ini bisa bermanfaat untuk lebih memperkenalkan profesi pers kepada anak-anak, serta menekankan kepada mereka arti pentingnya informasi. Tak hanya penganugerahan rekor Muri, dalam acara ini juga dicanangkan 7 Februari sebagai Hari Kliping Indonesia. (nis)


EmoticonEmoticon