Pelatihan Perpustakaan SDM se-Kota

YOGYA (KR) - Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan menempati strategis dan vital. Selain itu, perpustakaan sekolah yang juga sebagai pusat informasi, semestinya mampu berperan sebagai pusat pembelajaran. Namun pada kenyataannya tidak demikian, kondisi perpustakaan sekolah di negeri ini masih sangat memprihatinkan jumlah koleksi yang minim hingga masalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

Langkah awal yang sangat strategis dalam menjawab persoalan ini yaitu dengan mempersiapkan SDM pengelola perpustakaan yang berkualitas salah satunya dengan jalan memberikan pelatihan kepada pengelolanya. Dalam rangka tersebut, Himpunan Pengelola Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah (Himpusma) bersama dengan Lembaga Pustaka dan Informasi (LPI) PDM Kota merasa terpanggil untuk ikut memberdayakan perpustakaan sekolah Muhammadiyah tingkat dasar. Sehubungan dengan hal itu, digelar Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan untuk Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM) se-Kota Yogya dan sekitarnya yang bakal dilaksanakan di Madrasah Mu’alimin Muhammadiyah Yogya, Jumat-Sabtu (13-14/2).
Ketua Himpusma Nur Halim Sumirat SPdI mengatakan, dalam pelatihan ini bertindak selaku pembicara Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya, Drs H Syamsury MM, Lasa Hs MSi (Pustakawan Utama UGM), anggota LPI PP Muhammadiyah dan segenap tim Instruktur Pelatihan Perpustakaan Lembaga Pustaka dan Informasi PDM Kota Yogya, yang terdiri dari para pustakawan perguruan tinggi Muhammadiyah dan pustakawan sekolah di Kota Yogya. Bagi para pengelola perpustakaan sekolah Muhammadiyah khususnya tingkat SD/ MI di wilayah Kota Yogya dan sekitarnya yang berminat mengikuti pelatihan ini dapat menghubungi sekretariat panitia SMP Muhammadiyah 2 Jalan Kapas Yogya. (Rar)-f

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor