|

Dubes Perancis Tawari Kerjasama

BANTUL - Warga Bantul patut beranggap, sebab pemerintah Perancis melalui duta besarnya Philippe Zeller memberikan penawaran yang cukup istimewa yakni pemkab Bantul untuk turut serta dalam sebuah pameran kerajinan yang akan digelar pada 2010 nanti. Tak hanya itu, Perancis juga bakal memberikaan beasiswa bagi warga Bantul yang ingin meneruskan studi ke Perancis.

"Kami juga sempat membicarakan kerjasama ekonomi antara Perancis dengan Bantul, nanti kami akan membuat pertemuan antara Kadin Bantul dengan Kadin Perancis untuk membicarakan detailnya," kata Bupati Bantul Idham Samawi seusai menemui duta besar Perancis Philippe Zeller di ruang kerjanya Pemkab Bantul Kamis kemarin (16/4). Turut serta menemui antara lain Asekda I Sukardiyono, Sekda Bantul Gendut Sudarta, Kepala Disperindagkop Bantul Yahya dan beberapa kepala dinas lainnya.

Idham berharap kedatangan duta besar Perancis dapat memberikan peluang bagi Pemkab Bantul untuk terus meningkatkan perekonomian. Dalam waktu dekat, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan kedutaan besar Perancis yang ada di Jakarta untuk membicarakan syarat yang harus dipenuhi dalam pameran kerajinan tahun nanti.

"Kita masih belum tau, kalau ikut pameran, ada biaya atau tidak? Tapi yang jelas ini akan membawa dampak positif bagi pengrajin yang ada di Bantul. Kebetulan eksppr kerajinan mebel kita ke Perancis nomor dua setelah Amerika," tambah Idham.

Jika Pemkab Bantul akan mengikuti pameran, lanjut Idham, maka ia akan memprioritaskan bagi kerajinan yang selama ini diminati oleh orang asing atau yang ekspornya tertinggi. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan kerajinan yang lain juga akan diikutkan dalam pameran.

"Makanya kita nanti akan mendata kerajinan apa saja yang ekspornya tinggi, setelah itu baru kita bisa memutuskan mana yang akan kita ikutkan. Kerajinan yang belum dikenal juga akan kami ikutkan, tapi belum tau berapa jumlah dan kerajinan apa saja," tandasnya.

Duta Besarnya Philippe Zeller mengatakan pihaknya kagum atas pembangunan sarana dan prasana di Bantul pasca gempa. Dengan adanya kerjasama yang baik ini, ia berharap dapat meningkatkan ekonomi kedua negara.

"Terus terang saya sanggat kagum atas pembangunan atau rekonstruksi pasca gempa, berita ini saya dapatkan langsung dari jurnal internasional yang membuat pembangunan Bantul pasca gempa," kata Philippe Zeller. (mar)

Posted by Wawan Kurniawan on 03.05. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented