|

KR Umumkan Hasil SNMPTN

Yogya (KR) - Secara serentak hasil test tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) se Indonesia akan diumumkan Sabtu (1/8). SKH Kedaulatan Rakyat tetap berpartisipasi ikut mengumumkan hasil test tertulis SNMPTN tersebut, seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu mengumumkan nama-nama mereka yang diterima di Lokal Yogyakarta (UGM, UNY dan UIN Sunan kalijaga), Surakarta (UNS), Semarang (Undip dan Unnes) serta Purwokerto (Unsoed).
Ketua panitia SNMPTN Lokal Yogyakarta Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto Msc. Kmais (30/7) saat dikonfirmasi di kampus UGM, lokasi Yogyakarta masuk SNMPTN Wilayah Jaeng-DIY bersama 7 perguruan tinggi lainnya, yaitu UNS, Unnes, Unsoed, Undip, UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga.

Daya Tampung untuk jateng dan DIY (7 Perguruan tinggi) sekitar 10.847. Rinciannya jateng sekitar 7.377 dan DIY sekitar 3.470 kursi. Daya tampung untuk DIY terdiri UGM 740, UNY 1.907 dan UIN Sunan Kalijaga 823 Kursi. Untuk wilayah jateng terdiri UNS sekitar 2.385, Unes 2.050, Unsoed 1.511 dan Undip 1.431 kursi.
Khusus UGM untuk SNMPTN Lokasi Yogyakarta daya tampung mengalami kenaikan sekitar seratus persen lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 360 kursi," ujar Budi Prasetyo sambil menambahkan untuk jadwal registrasi bagi yang diterima lewat SNMPTN bisa dibaca pada pengantar pengumuman hasil tes SNMPTN tahun ini.
Sedang Ketua panitia SNMPTN, Prof Haris Supratno yang juga rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kepada wartawan di Jakarta Kamis (30/7) menjelaskan jumlah peserta SNMPTN tahun ini meningkat sekitar 9% dibdaning tahun lalu yakni 422.534 orang. Mereka memperebutkan 100.235 bangku dari berbagai program studi pada 53 PTN di seluruh Indonesia.
melihat jumlah peminatnya tersebut, persaingan yang terjadi cukup ketat. terutama untuk jurusan favorit seperti Kedokteran, teknik, ekonomi akuntasi," ujar Haris.
Meski begitu, lanjut Prof Haris, namun dalam proses seleksi SNMPTN tahun ini menyisakan banyak bangku kosong yang tak terisi. Berdasarkan data daya tampung yang tak terpenuhi mencapai 7.724 (7,7%). Daya tampung yang tak terisi ini menyebar di 42 PTN, terutama PTN yang berada di Indonesia bagian timur.

Posted by Wawan Kurniawan on 11.34. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented