JELANG PERINGATAN HUT RI; Permintaan Topeng Meningkat

PATUK (KR) - Persiapan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ternyata berdampak pada meningkatnya permintaan topeng 'pentas seni' atau untuk pertunjukan kesenian tradisional. Banyaknya pesanan untuk pertunjukan pentas kesenian ini membuat sejumlah perajin topeng di Dusun Bobung, Putat, Patuk Gu-nungkidul membuat stok yang cukup untuk jenis topeng kesenian tradisional. Bahkan pesanan juga datang dari luar wilayah Kabupaten Gunungkidul. Salah satu karyawan sentra kerajinan di Bobung, Ny Suryani kepada KR, Kamis (13/8) menuturkan, kebanyakan permintaan topeng kesenian ini berasal dari kelompok jatilan, reog serta seni tradisional yang lain.

Kecuali dipergunakan untuk pentas kesenian menjelang peringatan HUT RI, pesanan juga datang dari masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan bersih desa atau rasulan. "Selain pesanan topeng khusus pentas kesenian meningkat, produk kerajinan Bobung kini pemasarannya mulai berangsur membaik. Hal tersebut terlihat dengan adanya permintaan dari luar negeri seperti dari Amerika, Perancis, Malaysia dan Thailand. Khusus untuk pesanan luar negeri ini bentuknya berupa dakon serta kerajinan yang sifatnya fungsional. Sedangkan untuk dalam negeri pemasaran juga semakin membaik, permintaan dari Jakarta dan Bali juga mulai mengalir," imbuhnya.

Meskipun saat ini bahan baku untuk kayu pule khususnya sulit untuk diperoleh, perajin di Bobung mencari alternatif ke wilayah Pacitan dan Boyolali. Menurut Suryati, perhatian instansi terkait terhadap industri kerajinan di Bobung cukup baik, terlihat dengan adanya keikutsertaan perajin untuk mengikuti pameran ke berbagai daerah. "Memang untuk ikut pameran ini dilakukan secara bergantian. Dampaknya memang cukup bagus, karena lewat pameran akan meningkatkan permintaan dari pembeli," ucapnya. (M-5)-o

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir