|

Kegiatan Ramadhan di Syuhada diisi Tokoh-Tokoh Penting

RADAR JOGJA - Seperti sudah menjadi tren, kegiatan ramadhan selalu menjadi hajatan tersendiri bagi panitia ramadhan di Masjid Agung Syuhada Kotabaru. Bagaimana tidak?, berbagai kegiatan telah dipersiapkan secara matang oleh panitia. Diantaranya pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang berminat mengikutinya.

Koordinator Diklat Masjid Agung Syuhada Baihaqi Sarmadi mengatakan, kegiatan-kegiatan yang dari tahun ke tahun selalu berkembang itu diselenggarakan berdasar kebutuhan masyarakat. Sehingga bagi siapa saja yang berminat menambah ilmu dan pahala di bulan suci, bisa mengikutinya di Masjid Syuhada.

Kegiatan tersebut diantaranya mujahadah sambut ramadhan yang diselenggarakan sore ini pukul 15.30. Kegiatan ini akan dikemas dalam bentuk kajian dan dialog interaktif seputar persiapan dalam rangka memasuki bulan suci ramadhan dengan menggunakan multi media, kemudian dilanjutkan dengan bermujahadah dan dzikir bersama. Kapasitas 200 orang.

Selain itu, ada juga pelatihan sholat khusyuk yang diselenggarakan besok (23/8) pukul 08:00-16.30 di ruang utama Masjid Agung Syuhada, bersama tim trainer center pelatihan sholat khusuk Jogja. Kegiatan ini akan dikemas dalam bentuk pelatihan khusus mengenai bagaimana cara melakukan sholat secara khusuk dengan meia seperti lap top, LCD serta media berupa modul. Peserta sholat khusuk akan dibimbing baik secara berkelompok maupun serentak, dengan kapasitas peserta 300 orang.

"Kalau yang setiap bulan dilaksanakan adalah madrasah Al-Qur'an bersama ustadz-ustadzah tingkat nasional-internasional. Diselenggarakan tanggal 22 Agustus-11 September pukul 05.30 hingga 07.00," ujar Baihaqi. Tak hanya itu, yang lebih menarik, di sana juga diselenggarakan pondok bahasa untuk pembelajaran bahasa Inggris, Arab, Jepang, dan Perancis, serta kuliah pranikah dan manajemen keluarga. Bahkan ada juga training perawatan jenazah.

Beberapa tokoh penting telah tercatat sebagai penceramah di masjid Syuhada. Diantaranya Dr Revrisond Baswir, MBA sebagai penceramah tarawih tanggal 21 Agustus, Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H. Din Syamsudin tanggal 23 Agustus, Prof Dr. HM. Amien Rais, MA tanggal 24 Agustus, Prof Dr A. Syafi'i Ma'arif tanggal 29 Agustus, serta Ustad Abu Bakar Ba'asyir. tanggal 1 September.

Sedangkan Dr Hidayat Nurwahid, MA telah dijadwalkan akan mengisi materi dalam dialog dan ceramah Nuzulul Quran pada malam tanggal 17 Ramadhan (18 September). Ia juga akan hadir dalam acara Launching Perpustakaan Masjid Agung Syuhada yang diselenggarakan pada malam yang sama. (nis)

Posted by Wawan Kurniawan on 07.06. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented