SOIna Gelar Porda Khusus Tuna Grahita

HARIAN JOGJA: Special Olympics Indonesia (SOIna ) menggelar pekan olahraga daerah (Porda) bagi tuna grahita, Rabu ( 12/8 ) di Stadion Mandala Krida. SOIna merupakan organisasi khusus bagi penyandang tuna grahita (cacat mental). Acara tahunan yang diadakan sehari ini diikuti oleh 200 penyandang tuna grahita se-DIY.

Suwarsih Madya, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga mengungkapkan bahwa acara ini digelar agar para peserta bisa produktif dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

"Mereka perlu perlakuan sama sebagai manusia, jadi pertandingan kali ini tentu menyesuaikan dengan kemauan mereka," terangnya.

Dalam pertandingan kali ini terdapat 6 olahraga yang dipertandingkan yaitu lari, lompat, lempar lembing, tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, basket dan boce.

Untuk peraturan permainan sama seperti olahraga yang lazim dilakukan, yang membedakan hanya divisioning. Artinya mereka dikelompokkan sesuai dengan kemampuan ( IQ ) mereka.
"Jadi permainan fair. Dan dalam pertandingan kali ini tidak ada sangsi karena disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan mereka,” jelas Sumaryanti selaku pengurus SOIna.(Harian Jogja/Intaningrum)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir