|

Kendaraan Roda Dua Harus Nyalakan lampu

RADAR JOGJA - KULONPROGO - Banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua menjadi perhatian oleh petugas pengaman jalur mudik. Pasalnya, kendaraan roda dua kerap mengalami kecelakaan karena sering tidak terlihat oleh pengemudi kendaraan roda empat maupun sebaliknya. Untuk itu, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua harus menyalakan lampunya di siang hari.

Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Ris Supriyanto mengatakan sesuai dengan undang-undang nomor 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, maka setiap pengendara kendaraan bermotor harus menyalakan lampunya tidak hanya saat malam hari saja namun juga disiang hari. Menurutnya caranya ini efektif untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Paling tidak dengan dinyalakannya lampu disiang hari bisa menjadi penanda bagi motor yang melaju.

Ris Supriyanto menambahkan tingkat kecelakaan di Kulonprogo masih cukup tinggi, tahun lalu ada 255 kejadian kecelakaan, dengan korban meninggal 68 orang, korban luka berat 30 dan luka ringan 450 orang. Sedangkan untuk tahun 2009 ini, dari awal tahun sampai 1 September lalu sudah ada 119 kejadian kecelakaan, korban meninggal ada 28, luka berat 9 orang dan luka ringan 217 orang.

"Harapannya dengan menyalakan lampu bisa menghindari kecelakaan di jalanan. Bagi pemudik juga diminta untuk istirahat ketika merasa lelah. Selain itu jangan membawa barang bawaan yang cukup banyak jika mudik dengan motor,"himbaunya di sela sosialisasi himbauan light on di pertigaan Ngelo, Salamrejo, Sentolo, Kulonprogo.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mengatakan untuk pengendara kendaraan bermotor diperkirakan mengalami kenaikan sampai 10 persen dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, trend dari tahun ke tahun pemudik yang mengendarai kendaraan roda dua memang selalu bertambah. Sedangkan peningkatan untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi mencapai 5 persen.

"Kalau total keseluruhan kenaikannya sekitar delapan persen saja. Kendati demikian kita usahakan untuk antisipasi kemacetan di sejumlah titik,"imbuhnya.(ila)

Posted by Wawan Kurniawan on 05.07. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels