|

Desa Wisata : Mang Engking Jadi Daya Tarik

MINGGIR: Bukan isapan jempol belaka jika pemerintah Desa Sendangrejo, Minggir, Sleman sebentar lagi akan menjadi incaran investor. Bahkan investor asal Surabaya telah melakukan penanaman modal untuk membuat desa wisata di tempat tersebut.

Menurut Kepala Desa Sendangrejo Waldjono, selama ini memang belum banyak investor yang masuk ke Desa Sendangrejo. Baru ada 1 investor yakni Mang Engking, yang terkenal dengan budi daya udang galah yang sudah melakukan investasi bertahun-tahun dan menyerap tenaga kerja yang cukup besar dari sekitar desa.

“Tahun depan, sudah ada investor yang masuk untuk membangun desa wisata, bahkan izinnya untuk menempati lokasi tanah sultan ground (SG) sudah mendapat persetujuan dari Gubernur pada 6 November yang lalu,” ujar Waldjono. Dengan masuknya investor, tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri dari pihak desa.

Konsep desa wisata yang akan dibangun itu nantinya menempati tanah SG seluas 2 hektare di Dusun Jonggrangan, Sendangrejo, Minggir. Yang menjadi daya tarik desa wisata tersebut nantinya adalah outbound, trekking dan susur sungai.

Selain itu juga ada beragam kesenian seperti Jathilan, Congkekan, Tari Kubro, Tari Trengganon dan macapat. “Karena letaknya bersentuhan dengan alam, sawah, sungai, dan juga tanah yang berbukit-bukit, serta didukung dengan view yang sangat indah menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang,” ujarnya.

Pembangunan desa wisata yang akan dimulai pada 2010 mendatang itu, menelan dana Rp5 miliar. Sehingga diharapkan jika memang investor serius menggarap desa wisata itu dengan apik, maka ke depannya bisa membuka peluang bagi warga untuk mendapat lapangan kerja, dan menambah ekonomi keluarga.

“Nantinya juga akan ada rumah warga yang digunakan untuk homestay, dan juga menggarap potensi lokal desa, seperti hasil kuliner daerah dan gula jawa yang akan dijual di desa wisata itu,” kata dia.

Oleh Theresia T. Andayani
HARIAN JOGJA

Posted by Wawan Kurniawan on 15.39. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels