|

Seabad Muhammadiyah, Film Sang Pencerah Dirilis

JOGJA: Sutradatra muda Hanung Bramantyo akan rilis film Sang Pencerah sebagai bentuk kenduri atas Milad Seabad Muhammadiyah. Film ini menceritakan tentang perjalanan sosok KH. Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah. "Saya sengaja mengambil periode pra hingga Muhammadiyah berdiri saja. Kisah sesudah Muhammadiyah berdiri tidak saya masukkan,” ungkap Hanung ketika melakukan jumpa pers yang dihadiri Walikota Jogja, Herry Zudianto dan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin.

Film bernuansa religi kedua yang dibuat Hanung ini berawal dari riset yang cukup panjang tentang Muhammadiyah dan tokoh pendirinya, KH. Ahmda Dahlan.

"Saya melakukan riset terlebih dahulu. Karena saya lihat banyak versi dari perjalanan seorang KH. Ahmad Dahlan yang belum tentu tepat,” ujar Hanung.

Hanung mengaku belum menemukan tokoh yang pas untuk memerankan KH. Ahmda Dahlan. “ Untuk peran KH. Ahmad Dahlan saya ingin yang betul-betul mirip secara fisik. Kalau pemain lain saya akan melibatkan publik figur,” ungkapnya.

Hanung berharap film ini nanti bukan dinilai sebagai propaganda ormas Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah. Melainkan bisa mendekatkan para pengikut Muhammadiyah untuk mengenal lebih dekat pendirinya dan menyerap nilai-nilai nasionalisme dari seorang KH. Ahmad Dahlan.

"Saya ingin menunjukkan bahwa Islam dalam hal ini Muhammadiyah bukanlah aliran yang konservatif, tapi mampu membuka diri kepada masyarakat,” tambah Hanung.

Ketika dimintai komentar tentang film Sang Pencerah ini, Din Syamsudin mengungkapkan bahwa dirinya tidak mewajibkan warga Muhammadiyah untuk menonton film. “ Tanpa saya wajibkan pun, warga Muhammadiyah akan mewajibkan diri mereka sendiri untuk nonton film ini,” ungkap Din.(Harian Jogja/Intaningrum)

Posted by Wawan Kurniawan on 05.34. Filed under , , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented