|

Polda DIY Kerahkan 1.000 Personil Amankan 1 Suro

SLEMAN (KRjogja.com) - Polda DIY siap melakukan selama perayaan tahun baru Hijriah 1431 atau tahun baru Jawa, 1 Suro yang jatuh pada Kamis (17/12) malam. Operasi ini bernama Kenanga yang akan dilaksanakan mulai Kamis (17/12) hingga Minggu (20/12).

Wilayah Bantul menjadi sorotan utama jajaran Kepolisian untuk dilakukannya pengamanan dibandingkan dengan wilayah lain ditingkat Polres yang ada di DIY, mengingat di kawasan ini terdapat beberapa obyek yang menjadi pusat perayaan, diantaranya Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Samas serta Makam Imogiri.

"Untuk Operasi Kenangan tahun ini, kami akan menerjunkan 1.000 personel yang terdiri dari satgas Polda DIY dan jajaran yang ada dibawahnya. Bantul memang yang paling banyak personelnya, yakni mencapai 390 personel, tiga kali lipat lebih besar dari Poltabes Yogyakarta karena lokasi perayaan juga lebih banyak," terang Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti di kantornya, Rabu (16/12).

Untuk kawasan Kota Yogyakarta, tambah Anny, beberapa titik sudah ditargetkan untuk dilakukan pengamanan, seperti di kawasan Kraton Yogyakarta, khususnya di sepanjang jalan yang dilalui tapa bisu. Selain itu, untuk wilayah Kulonprogo yang mendapat perhatian khusus yakni kawasan puncak Suroloyo, sedangkan untuk daerah Sleman, Candi Ratu Boko dan Prambanan juga menjadi target pantauan aparat.

Ditambahkan Anny, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di kawasan perhotelan. Diperkirakan, mulai tanggal Kamis (17/12) hingga Minggu (20/12), perhotelan akan sangat padat, karena selain perayaan 1 Suro, akan banyak pula wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mendekati akhir pekan.

"Tanggal 20 Desember itu kan sudah hari Minggu, jadi Yogyakarta tentunya akan banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga perhotelan dan tempat keramaian akan kami pantau juga untuk mewaspadai tindakan terorisme," tandas Anny. (Dhi)

Posted by Wawan Kurniawan on 15.36. Filed under , , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented