|

PT KA Jamin Waktu Tempuh Lebih Cepat

YOGYAKARTA(SI) – PT Kereta Api (KA) Daop 6 menjamin waktu tempuhperjalananKAper1Maretakan semakin cepat seiring perubahan jadwal atau grafik perjalanan KA (Gapeka).

Selain itu,nantinya pelayanan dan ketepatan waktu diklaim lebih bagus dari saat ini. Humas PT KA Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan, waktu tempuh yang semakin singkat itu karena banyak jalur rel ganda yang sudah bisa dioperasikan, terutama antara Solo-Yogyakarta- Kutoarjo dan Purwokerto- Patuguran Brebes. Selain itu, kualitas double track juga lebih bagus sehingga pembatas kecepatan (taspat) menjadi berkurang.“Dua poin itulah yang membuat waktu tempuh perjalanan kereta semakin cepat,” katanya kemarin.

Menurut dia, rata-rata waktu tempuh perjalanan KA akan lebih cepat sekitar 10 sampai 30 menit dari jadwal sebelumnya. Misalnya, KA Taksaka siang yang sebelumnya berangkat dari Yogyakarta pukul 10.00 dan tiba di Stasiun Gambir Jakarta pukul 17.55 WIB.Nah,per 1 Maret kedatangan di Stasiun Gambir berubah jadi pukul 17.34. Sedangkan KA Taksaka malam yang sebelumnya berangkat dari Yogyakarta pukul 20.00 dan tiba di Stasiun Gambir 04.16, maka kedatangannya berubah menjadi pukul 04.06. Dia menambahkan,waktu tempuh yang lebih cepat juga berlaku untuk KA klas ekonomi seperti KA Progo.

Sebelumnya berangkat dari Stasiun Lempuyangan pukul 16.45 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senin Jakarta pukul 02.16 WIB. Seusai perubahan,maka KA Progo tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 01.41 WIB.“Artinya,waktu tempuhnya lebih cepat 35 menit,”imbuhnya. MantanHumasDaop7Madiunini menegaskan,meski durasi tempuhnya lebih cepat namun tidak ada kenaikan tarif.“Semua tarif tetap,tidak ada kenaikan.Untuk kelas bisnis dan eksekutif tetap diberlakukan tarif semula yakni batas atas dan bawah. Pada low season diberlakukan batas bawah sedangkan pada high season diberlakukan batas atas,”jelasnya.

Sementara itu,Kepala Daop 5 Purwokerto Surono saat dihubungi Seputar Indonesia (SI) mengatakan, jalur rel ganda Purwokerto- Patuguran sudah siap dioperasikan pada 1 Maret mendatang. Menurut dia, jalur rel ganda tersebut membuat perjalanan dari Purwokerto- Jakarta lebih hemat waktu sekitar satu jam. (ridwan anshori)


Posted by Wawan Kurniawan on 18.54. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented