|

27 Maret, Yogya 'Gelap Gulita'

YOGYA (KRjogja.com) - World Wide Fund (WWF) mengimbau seluruh masyarakat untuk mematikan lampu selama sejam pada 27 Maret 2010 mulai pukul 20.30- 21.30 WIB secara serentak dalam acara bertajuk 60 Earth Hour untuk menghemat energi tak terbarukan.

"Selama satu jam kita mematikan listrik di Kota ternyata simpanan energinya mampu menghidupkan listrik di ribuan pedesaan. WWF sendiri sudah melakukannya selama 3 tahun yang lalu. sementara Jawa-Bali sedang kita galakkan untuk bergabung," kata Dian Purnomo, salah satu aktifis pemerhati lingkungan saat ditemui di sela-sela kampanyenya di Malioboro, Minggu (14/3) siang.

Khusus di Yogyakarta, lanjut Dian, secara simbolis akan dilakukan di Monumen Tugu dan sekitarnya. Walikota Yogyakarta pun akan hadir dalam kegiatan sosial ini. Sesuai jadwal sejumlah lampu di Tugu dan pertokoan sekitar akan padam dan digantikan lilin.

"Ini hanya sebagai simbol saja untuk mengawalinya. Kami harapkan, masyarakat yang lain turut ambil bagian dengan mematikan listrik selama 1 jam saja. Kami juga menggelar Grebeg Air di Godean Sleman pada 21 Maret 2010," imbuhnya.

Menurut Dian Grebeg Air ini juga menjadi salah satu rangkaian untuk lebih mencintai lingkungan untuk menghindari global warming. Selain itu, pasokan air berkurang bahkan di beberapa daerah mengalami kekeringan. Dan, dlam kampanyenya ini, puluhan aktifis lingkungan mengenakan kostum yang bertuliskan himbauan serta membagi-bagikan brosur kepada para pengunjung di sekitar Malioboro. (Dhi)

Posted by Wawan Kurniawan on 16.12. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented