|

Kearifan Lokal Jadi Dasar Penanganan Bencana di DIY

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Di DI Yogyakarta, kearifan lokal menjadi dasar penanganan bencana dan berbagai dampak yang ditimbulkannya. Belajar dari pengalaman, masyarakat mempunyai kearifan tersendiri dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bersama.

“Itulah yang selama ini menjadi filter yang sangat efektif bagi masyarakat dalam menyikapi berbagai persoalan kebencanaan yang berkembang,” ungkap Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat DIY Tavip Agus Rayanto, saat menerima kunjungan kerja Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Jumat (5/3/2010) di Yogyakarta.

Salah satu contoh kearifan lokal yang sudah menjadi bagian dari dinamika kehidupan masyarakat DIY, terutama masyarakat pedesaan adalah rembug desa dengan berbagai pertemuan dari tingkat RT sampai pada kelompok-kelompok yang lebih besar misalnya. Dari forum itu, masyarakat mengambil keputusan bersama untuk, misalnya bergotong royong mengatasi bencana.

Penulis: RWN | Editor: made

Posted by Wawan Kurniawan on 20.00. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented