|

MoU Kerjasama UPN Veteran Yogya - MU Prague Diteken

DetikNews | Laporan dari Praha - Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama antara jurusan Hubungan Internasional FISIP UPN Veteran Yogyakarta dan Metropolitan University Prague (MUP) diteken. Kerjasama dimaksudkan untuk meningkatkan pendidikan kedua pihak.

Penekenan MoU dilakukan secara bersama-sama oleh pimpinan rektorat kedua pihak di MUP Campus Jarov, Praha (3/5/2010), disaksikan oleh Dirjen Amerika Eropa (Amerop) Kemlu RI Retno L.P Marsudi, yang sekaligus sebagai pembicara kunci dalam seminar seusai penekenan MoU.

Kerjasama UPN Veteran Yogyakarta - MUP merupakan pertama dalam sejarah antara kedua universitas. Hadir antara lain Dirjen Hubungan Internasional dan UE Kemdik Pemuda dan Olahraga Ceko, Jindrich Fryc, pejabat Kemlu, Kemindustri dan perdagangan, diplomat negara sahabat, civitas akademika MUP dan mahasiswa.

Delegasi UPN Veteran Yogyakarta Ludiro Madu, M.Si, yang merintis kerjasama tersebut, kepada detikcom mengatakan bahwa MoU mencakup antara lain kerjasama untuk pertukaran mahasiswa Hubungan Internasional kedua pihak, pertukaran dosen, pertukaran informasi akademik, seminar dan riset bersama.

"Kerjasama yang sudah berjalan mulai tahun ini berupa pertukaran mahasiswa dari UPN, Raka Tantra Pamungkas, yang saat ini sudah belajar di MUP dan seminar bersama hari ini," terang Ludiro.

Dikatakan, bahwa kegiatan tersebut akan segera disusul dengan kunjungan kerja Ketua Jurusan Hubungan Internasional dan Studi Asia MUP Tomas Petru, Phd ke UPN Veteran Yogyakarta untuk memberikan untuk mengajar sebagai dosen tamu.

"Kemudian mulai Februari 2011 akan datang mahasiswa dari MUP untuk mulai belajar di UPN," ujar Ludiro.

Sementara itu Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha Azis Nurwahyudi mengatakan bahwa kerjasama UPN Veteran Yogyakarta dengan MUP tersebut merupakan tindaklanjut dan implementasi hasil Sidang Komisi Bersama (SKB) antara pemerintah RI dan Ceko, yang sebelumnya telah diteken oleh Direktur Jenderal Amerika Eropa Kemlu Retno L.P. Marsudi dengan Deputi Menteri Perdagangan dan Perindustrian Ceko Vlastimil Lorenz.

"Di antara hal yang disepakati dalam SKB tersebut adalah pengembangan kerjasama bidang pendidikan dengan meningkatkan hubungan antar universitas," demikian Azis. (es/es)

Posted by Wawan Kurniawan on 05.48. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels