|

Kota Yogya Minta Pusat Revisi Kuota CPNS

YOGYAKARTA (SINDO) – Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) yang hanya menyetujui 44 formasi untuk lowongan CPNS di Pemerintah Kota Yogyakarta menuai protes.

DPRD dan Pemkot Yogyakarta terus melakukan lobi ke Kemenpan agar kuota itu bisa direvisi. Jumlah formasi teresebut dinilai sangat minim. Sebab,yang diajukan oleh Pemkot Yogyakarta mencapai 400 formasi. Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Changi Wendryanto mengatakan, pihaknya akan berusaha membicarakan persoalan minimnya kuota CPNS untuk Kota Yogyakarta tersebut langsung dengan Kemenpan. Seharusnya kuota yang diberikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan,karena masalah sumber daya manusia (SDM) berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dari segi kebutuhan pegawai, kami memang kurang sekali. Memang saat ini sudah banyak yang membicarakan masalah miskin struktur kaya fungsi,tapi kami juga harus lihat apakah sudah mampu melaksanakannya saatini,”ujarnya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta Tri Widayanto mengungkapkan bahwa kuota 44 yang telah diputuskan jelas tidak memenuhi kebutuhan tenaga teknis di kelurahan dan puskesmas yang saat ini jumlahnya sangat banyak. Pihaknya akan mencoba mencari jalan untuk menyelesaikan persoalan ini. “Kami akan segera membahas kekurangan yang ada mungkin bisa dipenuhi lewat model outsourching atau semacamnya.

Namun,kami masih berharap kuota 44 orang tersebut akan direvisi oleh pusat,”ujarnya. Mereka ssedang mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan seleksi CPNS 2010. Persyaratan CPNS kali ini akan ada sedikit perbedaan syarat dari tahun-tahun sebelumnya, yakni pemberlakuan syarat minimal IPK 3,00 bagi pendaftar S-1.Namun, hingga kini perubahan syarat tersebut masih dirundingkan dan belum mencapai final.

Untuk Kota Yogyakarta, syarat IPK minimal masih 2,75, namun ada kemungkinan akan mengarah ke 3,00.Asumsinya,semakin tinggi IPK-nya, semakin baik kualitas SDM,”ucapnya. (ratih keswara)

src="http://i41.tinypic.com/1445n4h.jpg">

Posted by Wawan Kurniawan on 16.46. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels