|

Bandara Kulonprogo Siap Dibangun Tahun 2020

YOGYA (KRjogja.com) - Rencana pembangunan bandara internasional di Kulonprogo ditargetkan akan dimulai pada tahun 2020 nanti. Sejauh ini, Pemerintah Propinsi (Pemprop) DIY tengah melakukan konsultasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pusat guna membicarakan investasi yang masuk terutama karena banyaknya pihak yang menawarkan diri untuk membangun bandara.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Ir. Bayudono mengungkapkan, bandara internasional Kulonprogo ini merupakan aset strategis nasional yang tidak boleh sembarangan ditangani oleh pemda saja tetapi juga melibatkan pemerintah pusat.

"Kita harus hati-hati dan harus kita screening benar. Karena itu kami ke BKPM pusat untuk minta saran bagaimana agar bandara bisa ditangani oleh pemerintah pusat. Tetapi jangka waktunya tetap kita targetkan paling lambat tahun 2020 mulai dibangun. Tetapi dalam masa itu jika memungkinkan untuk dilakukan pembangunan lebih awal maka akan lebih baik," ujarnya di Yogyakarta, Kamis (14/10).

Pihaknya mengaku berharap, bandara yang ada di wilayah DIY ini nantinya bisa dijadikan sebagai pusat untuk akses dari Yogyakarta kemana saja. Selama masa tunggu hingga 2020 nanti, pihaknya mengaku tengah melakukan penyempurnaan bandara Adisutjipto untuk ditambahkan berbagai fasilitas.

"Sekarang penyempurnaan bandara adisutjipto tetap kita lanjutkan, tapi pengembangan ini kita batasi sampai 5 juta penumpang per-tahun saja. Termasuk tetap kita tingkatkan keamanan seperti landasan diperpanjang, lalu lintas keluar masuk ke landasan kita buatkan taxi way di sebelah timur dan lainnya. Target penyempurnaan ini akan selesai pada 2012 nanti," tuturnya. (Ran)



Posted by Wawan Kurniawan on 18.06. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels