|

44.860 Pendaftar SNMPTN Tak Lolos

JOGJA: Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis di UGM mencapai 49.289 orang. Sedangkan jumlah pendaftar SNMPTN jalur tulis secara nasional mencapai 457.000 orang.


Jumlah tersebut 11 kali lipat dari jumlah kursi yang disiapkan UGM yakni sebanyak 4.429 buah. Direktur Bidang Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Budi Prasetyo mengatakan hingga batas akhir pendaftaran SNMPTN jalur tulis pada Rabu (25/5) pukul 24.00 WIB pendaftar mencapai 49.289 orang.


Dari sejumlah peserta itu, Program Studi Kedokteran masih tujuan favorit. Jumlah pendaftar di prodi itu mencapai 3.841 orang di 2011. Prodi terfavorit lain meliputi Ekonomi, Akutansi, Manajemen, Teknologi Informasi, Kedokteran Gigi, Farmasi, Teknik Industri Kimia, Hubungan Internasional dan Komunikasi.

“Tingkat persaingan tahun ini jauh lebih berat dengan jumlah peserta yang sangat besar. Sesuai kursi yang disiapkan, sebanyak 44.860 peserta harus siap-siap tidak lolos SNMPTN jalur tulis,” ujar dia saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (26/5).


Budi juga mengaku tidak ada persoalan pascapenutupan pendaftaran kemarin. Mengikuti jadwal panitia SNMPTN pusat, UGM tidak akan memberikan toleransi perpanjangan waktu bagi pendaftar untuk memperbaiki kesalahan pengisian syarat.


Sementara di UIN Sunan Kalijaga pendaftar mencapai dua kali lipat. Bila pada 2010 lalu jumlah pendaftar berkisar 2.000 orang, namun tahun ini pendaftar mencapai 4.870 orang.


Kepala Biro Admisi UIN Sunan Kalijaga Munawar menilai penyebab lonjakan pendaftar karena tidak adanya UM UGM. “Kami yakin UGM justru mengalami kenaikan pendaftar yang lebih signifikan karena berada di urutan kedua universitas dengan pendaftar ujian tulis SNMPTN terbanyak setelah Universitas Indonesia,” papar dia.


Prodi favorit di UIN Suka antara lain Pendidikan Agama Islam, Keuangan Islam, serta Teknik Informatika. Sedangkan jurusan yang kurang peminat antara lain Akidah Filsafat, Perbandingan Agama, serta Ilmu Kesejahteraan Sosial.


Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pendaftar tercatat sebanyak 35.459 orang dengan rincian, pilihan pertama sebanyak 14.894 orang, pilihan kedua sebanyak 16.870 orang dan pilihan ketiga 3.695 orang.


Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNY Slamet mengatakan jurusan paling diminati yakni Pendidikan Guru SD. “Saat ini kami belum melakukan perhitungan untuk UNY, karena sedang berkonsentrasi pada pelaksanaan ujian tulis IPS,” pungkasnya.(Harian Jogja/Shinta Maharani & Switzy Sabandar)




Posted by Wawan Kurniawan on 18.15. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented