|

Rayakan Pergantian Tahun, Ribuan Warga Yogya Penuhi Malioboro

Yogyakarta - Ribuan warga Yogyakarta bersama para wisatawan memadati kawasan Malioboro dan sekitarnya untuk merayakan malam pergantian tahun 2011 dan menyambut tahun baru 2012. Pesta kembang api digelar di berbagai tempat saat pergantian tahun.

Selain di Maliboro, hingar bingar malam tahun baru dengan pesta kembang api juga terjadi di simpang empat Tugu Yogyakarta, Titik Nol Kilometer di Simpang Empat Kantor Pos Besar Yogyakarta, Alun Alun Utara dan Alun Alun Selatan.

Berdasarkan pantauan detikcom, sejak pukul 20.00 kawasan Malioboro mulai dari selatan pintu kereta api Stasiun Tugu Yogyakarta hingga Simpang Empat Kantor Pos Besar Yogyakarta sudah ditutup oleh aparat kepolisian untuk semua kendaraan. Hanya pejalan kaki dan pengguna sepeda yang masih diperkenankan melintas di kawasan itu.

Beberapa ruas jalan menuju Malioboro seperti Jl Gandekan, Jl Pasar Kembang, Jl Mangkubumi, Jl Mataram, Suryotomo, Jl Senopati, Jl KH Ahmad Dahlan sempat ditutup petugas. Beberapa ruas jalan seperti Jl Brigjen Katamso hingga Pojok Beteng Wetan dan Jl Wakhid Hasyim hingga Pojok Beteng Kulon diberlakukan sistem buka tutup.

Demikian pula di kawasan Simpang Empat Tugu Yogyakarta yakni Jl Sudirman, Jl Diponegoro, Jl AM Sangaji, Simpang Tiga Terban Jl C. Simanjuntak, Simpang Empat Pingit Jl Kyai Mojo juga sempat ditutup aparat karena banyaknya pengguna sepeda motor yang hendar merayakan malam pergantian tahun di tempat itu. Aparat sempat mengalihkan arus lalu-lintas sempat ke arah luar Kota Yogyakarta untuk menghindari kemacetan.

Sekitar 15 menit menjelang malam pergantian tahun, warga sudah tidak sabar lagi menyalakan kembang api seperti di kawasan titik nol kilometer, Alun Alun Utara dan Alun Alun Selatan, depan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret 1949, Benteng Vredeburg,

Tepat pukul 00.00 WIB, tanpa dikomando ratusan warga yang membawa kembang api langsung menyalakan silih berganti. Beberapa kelompok ada yang saling bersalaman untuk mengucapkan selamat tahun baru. Para wisatawan yang memenuhi tempat itu juga banyak mengabadikan peristiwa itu dengan kamera maupun handphone.

Setengah jam setelah pergantian tahun hingga pukul 00.30 WIB lontaran kembang api terus menghiasi tanpa henti di langit Kota Yogyakarta disertai bunyi ledakan mercon. Pesta kembang api tidak hanya terjadi di pusat-pusat keramaian, namun warga kampung-kampung juga merayakannya dengan pesta kembang api.

Selain di pusat keramaian, beberapa tamu hotel di kawasan Prawirotaman Jl Parangtritis Yogyakarta juga merayakan tahun baru dengan pesta kembang api. Sedangkan di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, malam pergantian tahun dimeriahkan dengan kejuaraan balap motor dan pesta kembang api.

Suasana pesta malam pergantian tahun di Yogyakarta berlangsung aman dan tertib. Beberapa gereja di Kota Yogyakarta juga tetap dijaga aparat kepolisian.(bgs/mad)

Sumber : detiknews

Posted by Wawan Kurniawan on 10.11. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented