|

UGM Temukan 100 Molekul Baru Pada Kunyit

YOGYA (KRjogja.com) - Fakultas Farmasi UGM berhasil menemukan 100 molekul baru yang terdapat pada tanaman obat, kunyit. Molekul tersebut diketahui memiliki manfaat positif bagi kesehatan dengan berbagai macam diagnosis.

Peneliti kurkumin (zat dalam kunyit) dari fakultas farmasi UGM Prof Dr Supardjan, MS., Apt menjelaskan, dari 100 molekul baru yang ditemukan tersebut, 8 diantaranya telah dipatenkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui jika kunyit mengandung kurkumin dan telah terbukti mempunyai khasiat antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, antikanker serta antitumor.

"Fakultas Farmasi UGM mengembangkan penelitian kurkumin menjadi molekul baru yang mempunyai efek analgetika-anti inflamasi yang lebih poten, dan bisa dimanfaatkan sebagai terapi kanker," ujarnya disela seminar Kunyit (curcuma longa) Tinjauan filosofis dan Ilmiah, di ruang unit V fakultas farmasi UGM, Selasa (17/1).

Ia memaparkan, kunyit terbukti mengandung senyawa kurkuminoid yang berwarna kuning yang mengandung molekul kurkumin, demetoksin kurkumin dan bisdemetoksin kurkumin. Untuk turunannya kurkumin ini bahkan sudah diteliti lebih lanjut.

"Turunan yang merah lebih ke antiinflamasi, sedangkan yang berwarna kuning lebih senang melindungi hati (hepatotoksik). Kurkumin juga baik untuk penderita diabetes terutama mencegah agar tidak terjadi pembekuan atau penggumpalan darah," paparnya.

Peneliti farmakologi Fakultas Kedokteran UGM Dr.dr. Nyoman Kertia Sp.PD menambahkan, ekstrak rimpang kunyit juga efektif sebagai anti radang pada penderita penyakit sendi (osteoartritis).

"Ekstrak rimpang kunyit ini terbukti memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar MDA (malondialdehida) atau cairan sinovia pada sendi lutut. Ini berdasarkan hasil penelitian bersama anggota tim lainnya terhadap 80 penderita osteoarthritis," imbuhnya. (Aie) Sumber : krjogja.com

Posted by Wawan Kurniawan on 08.11. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented