|

Diskusi Irshad Manji tidak Diketahui Ketua RT

YOGYAKARTA-Sekitar pukul 19.30 malam, Rabu (9/5), diskusi Irshad Manji di Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS), Jalan Pura I,  Sorowajan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, dengan pembicara Irsyad Manji dibubarkan oleh ormas yang mengaku berasal dari Majelis Mujahidin Indonesia.

Arif SM, Ketua RT 9 RW 11, Kelurahan Sorowajan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul menjelaskan acara diskusi tersebut belum dimintakan izin kepadanya.

"Biasanya dari LKIS selalu mengirim surat beserta undangan untuk saya dan warga," jelasnya. Namun, untuk hari ini mereka tidak memberikan surat ataupun undangan.

Arif mengaku, dirinya baru tahu ada kegiatan di LKIS sekitar pukul 13.00 saat gerobolan orang yang tergabung dalam Ormas tertentu mendatangi LKIS. Arif pun menambahkan, dirinya tidak tahu yang akan dibahas dalam acara tersebut. Ia hanya mendapat kabar, nanti malam akan ada acara bedah buku seperti biasa.

Saat terjadi penyerangan pada malam hari, ia pun tidak tahu karena saat itu berada di masjid. Malahan, jamaah masjid Assalam yang memberitahunya karena sebelum menyerang LKIS, mereka sempat salat dulu di sana.

"Ormasnya sempat ke masjid. Sempat salat isya di Masjid Assalam," jelasnya.

Akibat penyerangan tersebut, beberapa orang mengalami luka-luka, kaca jendela pecah, dan buku disobek. Polisi pun masih menyelidiki tempat kejadian perkara.

Sebelumnya diskusi dengan Irshad Manji yang menulis buku Allah: Liberty and Love juga gagal digelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (9/5) pagi. Sebelumnya diskusi serupa di Komunitas Salihara, Jakarta, (4/5), juga dibubarkan ormas. (AT/OL-2)

Sumber Berita & Gambar: Media Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 08.28. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented