|

YOGYAKARTA– Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis tahun ini akan dibuka secara online.

Kebijakan tersebut dilakukan agar para calon peserta SNMPTN dapat mendaftarkan diri kapan dan di mana pun. ”Pelaksanaannya untuk tahun ini berbeda dari tahun kemarin. Cara online tentu digunakan mengingat makin majunya teknologi saat ini.Pendaftaran dibuka mulai 10–31 Mei 2012. Hal ini mempertimbangkan pengumuman kelulusan ujian nasional (UN) yang baru dilakukan 26 Mei 2012,”papar Ketua Panitia Lokal Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto kepada wartawan kemarin.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Kantor Layanan Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM), Budi mengatakan pendaftaran dapat dengan mengakses laman http://ujian.snmptn.ac.id. Pengumuman pendaftaran SNMPTN jalur undangan pada 28 Mei 2012,atau tiga hari menjelang berakhirnya pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis. ”Bagi yang sudah terlanjur mendaftar SNPTN jalur undangan dan tengah menunggu hasil pengumuman pada 28 Mei nanti, tidak ada salahnya memanfaatkan pendaftaran ujian tulis,”katanya menyarankan.

Ujian tulis SNMPTN akan dilaksanakan serentak pada 12–13 Juni mendatang dengan soal yang sama di seluruh Indonesia. Adapun ujian keterampilan digelar pada 14–15 Juni di perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki program studi yang dipilih. Ujian keterampilan di Yogyakarta akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sesuai dengan program studi yang ada.

”Proses pendaftaran SNMPTN sebenarnya hampirsama dengan tahun sebelumnya. Yang sedikit membedakan,untuk tahun ini siswa cukup datang ke bank hanya untuk membayar uang pendaftaran.Setelah membayar, mereka akan mendapat Kartu Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN untuk bisa mengakses proses pendaftaran di laman SNMPTN,”papar Budi.

Sekarang ini jadwal pendaftaran bagi siswa yang lulus tahun kemarin atau sebelumnya maupun tahun ini disamaratakan. Pendaftaran dilakukan tanpa membutuhkan surat keterangan lulus atau apapun dari sekolah. ”Rencananya, satu jam sebelum pelaksanaan ujian tulis SNMPTN akan dilakukan proses verifikasi data peserta ujian. Ini untuk melihat apakah yang bersangkutan benar-benar dinyatakan lulus UN atau tidak. Hal ini juga mengantisipasi tindak perjokian saat ujian,” kata Budi.

Panitia lokal dari UIN Ibrahim menambahkan,biaya pendaftaran ujian tulis SNMPTN senilai Rp150.000 untuk program studi kelompok IPA dan IPS serta Rp175.000 untuk program studi kelompok IPC.Tahun ini kuota calon mahasiswa baru yang akan diterima lewat jalur SNMPTN ujian tulis, antara lain UGM 3.442 mahasiswa, UIN 1.265 mahasiswa, dan UNY tidak kurang dari 2.061 mahasiswa.

”Untuk calon bidik misi,khusus UIN berbeda dibandingkan UGM dan UNY.Jika UGM dan UNY beasiswanya berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UIN dari Kementerian Agama yang kuotanya berjumlah 150 mahasiswa,”katanya lagi.Kuota bidik misi untuk UGM sebanyak 1.000 mahasiswa dan UNY 750 mahasiswa. ratih keswara

Sumber : Seputar Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 08.47. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels