|

Ujian Tulis SNMPTN - Tidak Ada Jaminan Bebas Joki


YOGYAKARTA – Ujian tulis (utul) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan digelar serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini.

Di Yogyakarta, panitia lokal (panlok) masih saja mewaspadai praktik perjokian. Kewaspadaan ini beralasan karena praktik kotor tersebut beberapa kali ditemukan di Kota Pelajar ini. “Kami sangat mewaspadai adanya joki atau broker pada SNMPTN tahun ini. Fenomena joki selalu berada di manamana. Kami akan antisipasi termasuk kemungkinan pencurian soal-soal yang sedemikian rupa agar tidak ada kebocoran soal.Joki ini sudah seperti mafia,” ujar Sekretaris Panitia Nasional SNMPTN Rochmat Wahab di ruang kerjanya kemarin.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini juga mengatakan, pengiriman dan pencetakan soal SNMPTN akan dikawal aparat kepolisian dan panitia pengawas.Pihaknya optimistis pelaksanaan SNMPTN tahun ini akan berjalan lebih baik meskipun masih ada kemungkinan ada beberapa kekurangan di beberapa sektor. Jumlah pendaftar utul SNMPTN tahun ini untuk wilayah Yogyakarta mencapai 36.218 orang. Jumlah tersebut terdiri dari IPA 14.647 peserta yang akan melakukan ujian di UGM,IPS 15.493 peserta ujian di UNY dan IPC 6.078 peserta ujian di UIN Sunan Kalijaga.

Ketua Panlok Yogyakarta Budi Prasetyo mengungkapkan, dalam SNMPTN tahun ini akan ada tujuh calon mahasiswa berkebutuhan khusus yang akan mengikuti SNMPTN. ”Rinciannya satu di UGM dari 12 yang mengaku berkebutuhan khusus, empat di UNY dari 22 yang mengaku berkebutuhan khusus dan dua di UIN,”ungkapnya. Di Semarang, sejumlah peserta ujian SNMPTN kemarin sudah terlihat mengecek lokasi- lokasi yang akan menjadi tempat ujian.Lokasi tes antara lain Undip, Unnes maupun sekolah- sekolah di Semarang.

Dari data yang telah masuk, jumlah peserta SNMPTN ujian tulis yang akan memilih Undip, tercatat sebanyak 27.680 peserta. Masing-masing terbagi 9.938 peserta pada program IPA, 11.216 peserta pada program IPS dan 6.526 pada program IPC. ratih keswara/ susilo himawan

Sumber : Seputar Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 15.04. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels