Puluhan Ternak di Gunungkidul Mati Misterius

Gunungkidul - Puluhan ternak milik warga Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mati diduga karena digigit hewan buas.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Sugiyanto, sepekan terakhir sekurangnya 30 ekor kambing milik warga desa itu mati. Ternak yang mati mengalami luka bekas gigitan, bahkan sebagian tubuh ternak itu hilang dan darahnya berceceran.

Ia mengatakan, warga menduga ternak itu digigit anjing liar yang sering bermunculan di desa mereka. "Kawanan anjing liar yang menyerang itu biasanya dalam jumlah banyak," ujar Sugiyanto.

Anjing liar itu diperkirakan bersembunyi di semak-semak di perbukitan yang jarang didatangi manusia. Kasus itu menggelisahkan warga. Jika serangan hewan buas itu tidak segera ditangani, ujarnya, kerugian peternak akan semakin banyak.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul Krisna Berlian mengatakan turunnya hewan buas ke permukiman akibat musim kemarau, sehingga siklus makanan mereka terganggu. Kemudian anjing-anjing liar itu mencari makan ke desa-desa terdekat. (AU/OL-01)

Sumber : Media Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor