|

Taman Pintar Yogyakarta Targetkan 12.000 Wisatawan per hari

Yogyakarta - Tempat rekreasi edukasi yang telah menjadi ikon wisata Kota Yogyakarta, Taman Pintar, menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 12.000 orang per hari selama libur Lebaran.

"Untuk libur Lebaran ini, kami berharap akan ada sekitar 12.000
wisatawan per hari yang datang. Jumlahnya memang tidak sebanyak saat libur sekolah," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Ita Rustanti di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, kunjungan wisatawan saat libur Lebaran tersebut sangat diharapkan untuk menutup rendahnya tingkat kunjungan wisatawan selama bulan puasa.

Selama bulan puasa, tingkat kunjungan di Taman Pintar cukup rendah yaitu sekitar 300 orang per hari pada Senin hingga Jumat dan mencapai 600 orang per hari saat libur akhir pekan.

Jumlah kunjungan wisatawan saat bulan puasa tersebut sangat jauh bila dibanding rata-rata kunjungan pada bulan-bulan lainnya yaitu sekitar 6.000 hingga 7.000 orang per hari.

"Kunjungan ke Taman Pintar akan mencapai puncaknya saat libur panjang sekolah, yaitu bisa mencapai 16.000 orang per hari," katanya.

Saat libur Lebaran nanti, lanjut Ita, wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Pintar biasanya adalah rombongan keluarga yang memiliki anak usia sekolah.

"Saat libur panjang
sekolah, wisatawan yang datang biasanya adalah rombongan anak-anak yang datang dengan bus pariwisata. Tetapi, saat libur Lebaran nanti, biasanya rombongan berasal dari keluarga dengan kendaraan pribadi," katanya.

Saat hari H Lebaran atau pada Minggu (19/8), Taman Pintar akan mulai beroperasi pada pukul 13.00 WIB dan layanan tiket terakhir dilakukan pada pukul 16.00 WIB.

"Kami mengacu pada Lebaran yang jatuh Minggu. Untuk hari-hari berikutnya, jam operasional Taman Pintar kembali normal yaitu mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB," katanya.

Sejumlah upaya untuk menghadapi peningkatan kunjungan wisatawan saat libur Lebaran, Ita mengatakan telah melakukan perbaikan sejumlah peralatan peraga.

"Kami juga menjaga stok lempung dan peralatan membatik, sehingga saat ada pengunjung yang ingin belajar membuat gerabah atau membatik tidak kekurangan bahan," katanya yang juga akan menambah petugas pemandu.

Sebelumnya, Manajer Marketing Kebun Raya Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta Joseph Kurniawan mengatakan, memasang target sebanyak 150.000 wisatawan selama libur Lebaran atau hingga 26 Agustus.

"Pada hari H Lebaran, kami berharap ada sekitar 30.000 wisatawan yang datang. Harga tiket yang diberlakukan adalah Rp20.000 per pengunjung atau diskon bagi pengunjung dengan rombongan minimal 25 orang," katanya.

Kebun Binatang Gembira Loka akan mulai beroperasi pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Salah satu persiapan Gembira Loka dalam menyambut libur Lebaran adalah menyediakan transportasi keliling (Taring) untuk berkunjung dari satu lokasi ke lokasi lain di kebun binatang atau menikmati Perahu Katamaran mengelilingi danau buatan Mayang Tirta.

Wahana baru lainnya adalah "feeding time", sepeda amphibi, perahu senggol, sepeda motor ATV, gajah tunggang, unta tunggang, perahu "banana orca", skuter air, dan perahu kayuh.

Bagi anak-anak yang ingin berinteraksi dengan ikan, telah disediakan kolam sentuh dan kolam tangkap, dan bagi orang tua bisa melakukan terapi ikan.

Sumber Berita : Media Indonesia
Sumber Gambar : rfebrita.blogspot.com/

Posted by Wawan Kurniawan on 10.30. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented