|

Bikin Macet, Demo Peringatan Sumpah Pemuda di Yogya Ricuh Dengan Pemotor

Yogyakarta - Aksi demo memperingati hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh puluhan mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta di titik Nol Kilomter, sempat ricuh dengan pengguna jalan. Pemotor kesal karena aksi tersebut mengakibatkan kemacetan parah.

"Bubar, bubar semua! Kalian bikin macet. Dema-demo tiap hari nggak ada hasilnya. Kasihan ini ganggu yang lain, nggak bisa cari makan!" teriak seorang pengendara yang turun dari motornya di hadapan para mahasiswa, Minggu (28/10/2012).

Para mahasiwa masih tetap bertahan dan terus berorasi. Suasana makin panas karena kemacetan kian parah. Maklum pada saat aksi berlangsung, ribuan peserta sepeda gembira membubarkan diri dari arah Alun-alun Utara.

Peserta aksi juga sempat dilempar botol minuman. Akhirnya, mahasiswa menepi dan tetap melanjutkan aksinya.

Dalam aksinya, mahasiswa menolak kebijakan neo liberalisme, penegakan supremasi hukum, menghapus hutang lama dan tolak hutang baru, dan lain-lain. Aksi dimulai dari kampus UST Jalan Kusumanegara kemudian long march menuju titik Nol Kilometer. Mereka mengenakan jas almamater kampus dan membentangkan spanduk bertuliskan "Pemuda Menolak Segala Bentuk Neoliberalisme di Bumi Pertiwi", "Tuntaskan kasus Century", dan lain-lain.

Di tempat terpisah, puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Yogyakarta menggelar aksi serupa di pertigaan kampus UIN Sunan Kalijaga. Mereka membakar ban dan menyatakan pemerintah gagal mewujudkan amanah Sumpah Pemuda. Mereka menuntut nasionalisasi aset bangsa, menolak komersialisasi pendidikan, penegakan supremasi hukum, dan lain-lain. Aksi dengan membuat lingkaran ini sempat membuat arus lalu lintas di jalan depan kampus macet.

Sumber : DetikNews

Posted by Wawan Kurniawan on 14.57. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels