|

Jelang Natal, Penumpang Kereta Yogyakarta Turun

YOGYAKARTA - Penumpang di wilayah kerja PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta menjelang Natal 2012 hingga hari ini menurun 38% dibanding periode yang sama pada 2011.

Itu dikatakan Asisten Manajer Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI Kuswardoyo di Yogyakarta, Senin (24/12).

Pada H-2 Natal 2011 tercatat sebanyak 9.644 penumpang. Tahun ini hanya 5.933 penumpang yang terdiri atas 1.373 penumpang kereta kelas eksekutif, 1.156 penumpang bisnis, dan 3.404 penumpang ekonomi.

Menurut dia, menurunnya jumlah penumpang itu diperkirakan karena tidak tersedianya kereta tambahan terkait dengan libur Natal tahun ini.

Tambahan dua kereta api yaitu Argo Lawu dan Argo Dwi Pangga untuk melayani penumpang saat libur akhir tahun nanti masih belum signifikan, karena tidak dioperasionalkan secara bersamaan.

"Kalau tahun lalu, dua kereta api tambahan dikeluarkan secara bersamaan mulai 21 Desember hingga 6 Januari. Sekarang secara bergantian," katanya.

Untuk penambahan kereta api menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2013, kereta Argo Lawu dioperasionalkan pada 20 Desember hingga 31 Desember dari Stasiun Solo Salapan.

Argo Dwi Pangga baru dioperasionalkan pada 1 Januari sampai 6 Januari 2013. Pengoperasian kereta tambahan secara bergantian tersebut disesuaikan dengan permintaan pasar.

Menurunnya penumpang juga kemungkinan karena adanya peraturan terkait dengan kapasitas tempat duduk penumpang yang berlaku mulai tahun ini.

"Tahun lalu masih ada toleransi apabila terjadi kelebihan penumpang, yakni untuk KA kelas bisnis 25 persen dan KA ekonomi 25 persen dengan tiket tanpa tempat duduk," kata Kuswardoyo.

Saat ini tiket kereta api reguler yang berangkat dari Daop VI Yogyakarta yang sudah habis terjual yakni KA kelas ekonomi untuk keberangkatan 22 Desember hingga 9 Januari 2013 dan eksekutif, bisnis, serta ekonomi AC untuk keberangkatan 1 dan 2 Januari 2013.

Puncak kedatangan penumpang di Daop VI saat libur panjang akhir tahun ini diperkirakan terjadi pada 26 Desember dan arus balik terjadi pada 1 Januari 2013 dengan penumpang bisa mencapai 8.500 orang.

Sumber : Media Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 18.47. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels