|

Kandang Sapi Modern Dibangun di Yogyakarta

Yogyakarta - Lahan seluas 1,7 hektare di Sleman, DIY, dikembangkan untuk pertanian dan peternakan terpadu, termasuk perkandangan modern yang mampu menampung 240 ekor sapi perah.

"Perkandangan ini juga dilengkapi dengan milking equipment, laboratorium mini, cooling unit, biogas diggester dan pembuatan kompos," kata Presiden Direktur PT Sarihusada Boris Bourdin dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (11/12).

Pihaknya membangun Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu yang merupakan bagian dari program revitalisasi masyarakat korban bencana Merapi, di Padukuhan Plosokerep, Desa Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta.

Fasilitas yang dibiayai oleh Danone Ecosysteme Fund itu, peletakan batu pertamanya di lakukan pada Rabu (11/12) oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Presiden Direktur Sarihusada Boris Bourdin.

"Di lahan ini juga terdapat fasilitas belajar bagi petani dan peternak serta lahan percontohan permanen untuk budidaya pertanian, perikanan dan peternakan ternak kecil juga akan dibangun di lokasi yang sama," katanya.

Di luar fasilitas terpadu itu, pihaknya bersama para pihak terkait akan membantu petani di 5 desa di Kabupaten Sleman, yaitu Desa Umbulharjo, Desa Kepulharjo, Desa Glagaharjo, Desa Hargobingangun dan Desa Purwobinangun untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan non sapi perah dan usaha produktif lainnya berbasis sumber daya lokal. 

Pihaknya berharap, Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan terpadu ke depan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, keberdayaan masyarakat dan juga mampu meningkatkan status kesehatan dan gizi anak-anak serta keluarga petani.

Sumber : Media Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 21.47. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels