Pencuri Spesialis Sekolah Masih Berkeliaran

Sleman -  Polisi belum menemukan titik terang pelaku pencurian komputer sekolah yang marak terjadi di Kabupaten Sleman. Terakhir grombolan pencuri spesialis komputer sekolah beraksi di SD Purwomartani, Karangmojo, Kalasan, tanggal 2 Februari 2013. Sebanyak 20 unit komputer digasak. Sekolah diperkirakan merugi sekitar Rp 300 juta.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Heru Muslimin mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan titik terang pelaku pencurian komputer sekolah di Sleman.

"Kami belum menemukan petunjuk dan belum bisa memastikan apakah pelaku memiliki satu jaringan atau tidak. Namun, kami akan terus dalami dan selidiki kasus tersebut," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (3/2/2013).

Sementara itu, kriminolog sekaligus dosen Universitas Janabadra, Yogyakarta, Hartanti, mengatakan, para pelaku sebelum beraksi sudah mempelajari suasana dan mengetahui kondisi sekolah. Selain itu, pencurian tersebut bersifat komersial karena yang diambil bukan data-data sekolah.

"Ada perubahan motif pencurian. Dulu yang diincar brankas uang milik perkantoran, sekarang memilih kamputer-komputer yang ada di sekolah," tuturnya, Minggu.

Ia menambahkan, jika diamati polanya, para pelaku kejahatan sudah semakin lihai. Sebab, pelaku lebih memilih tempat yang sistem keamanannya kurang memadai, seperti sekolah.

"Kita jangan pernah mau kalah dengan pencuri. Kewaspadaan dan pengamanan harus terus ditingkatkan," katanya.

Sumber : Kompas Online

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir