|

KA Ajisaka Beroperasi Mulai 1 Februari 2014

Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero) mengoperasikan KA Ekonomi AC Ajisaka jurusan Lempuyangan-Kutoarjo pergi pulang (pp) mulai 1 Februari 2014.

"KA Ajisaka ini setiap harinya akan diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, pukul 08.20 WIB, dan tiba di Stasiun Kutoarjo, Jawa Tengah, pukul 09.30 WIB. Sedangkan, dari Stasiun Kutoarjo akan diberangkatkan pada pukul 10.15 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 11.25 WIB," kata Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jumat.

Dalam perjalanannya untuk rute Lempuyangan-Kutoarjo dan sebaliknya, kata dia, kereta api yang dilengkapi alat pengatur suhu udara (air conditioner/AC) itu dijadwalkan berhenti di Stasiun Tugu, Stasiun Wates, dan Stasiun Jenar.

Menurut dia, waktu tempuh untuk rute Lempuyangan-Kutoarjo atau sebaliknya selama 70 menit.

"Rangkaian KA Ajisaka akan membawa delapan gerbong ekonomi berkapasitas 848 tempat duduk. Meskipun menggunakan tarif nonsubsidi, tarif yang ditetapkan untuk KA Ajisaka ini terhitung cukup murah, hanya sebesar Rp15.000," katanya.

Surono mengatakan bahwa peluncuran KA Ajisaka ini merupakan kebijakan PT KAI untuk membentuk jaringan transportasi kereta api yang menghubungkan seputaran (loop) kota-kota utama di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta atau disebut loop  Jateng-DIY.

Selain KA Ajisaka, kata dia, PT KAI dalam Februari juga akan meluncurkan dua kereta api baru yang membentuk loop Jateng-DIY, yakni KA Kalijaga rute Purwosari-Solo-Semarang pp dan KA Kamandaka rute Purwokerto-Tegal-Semarang (pp).

Menurut dia, pengoperasian KA Kalijaga akan dimulai pada 15 Februari, sedangkan KA Kamandaka mulai 17 Februari 2014.

"Sama seperti KA Ajisaka, KA Kalijaga dan Kamandaka ini juga akan menggunakan rangkaian gerbong ekonomi AC," katanya.

Ia mengatakan bahwa penambahan tiga KA baru di wilayah Jateng-DIY ini merupakan bagian dari rencana PT KAI yang akan mengoperasikan 16 kereta api penumpang untuk mengisi rute baru dan penambahan rute-rute lainnya yang sudah ada saat ini di seluruh Jawa.

Menurut dia, ke-16 KA penumpang tersebut direncanakan mulai dioperasikan dalam bulan Februari 2014.

KA Ajisaka mengambil nama dari hikayat peradaban dan filosofi kebenaran dengan tokoh Ajisaka sehingga melahirkan adanya huruf Jawa.

Sumber Berita & Gambar : AntaraNews.com

Posted by Wawan Kurniawan on 18.34. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented