Rumah Rusak Diterpa Hujan Disertai Angin Kencang di Sleman

Sleman - Sejumlah rumah rusak dan baliho roboh setelah diterpa hujan disertai angin kencang di wilayah Sleman. Sejumlah pohon juga dilaporkan tumbang di beberapa titik. Peristiwa itu terjadi hampir bersamaan dengan hujan es di Sleman.

"Update pukul 17.30 WIB ada beberapa laporan rumah rusak, baliho roboh dan pohon tumbang saat hujan dan angin kencang sore tadi," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan saat dihubungi detikcom, Selasa (29/1/2019).

"Selain juga ada laporan terjadi hujan es di Kecamatan Seyegan," lanjutnya.

Berdasarkan laporan situasi Pusdalops BPBD Sleman, hujan es melanda wilayah Kecamatan Seyegan pukul 16.00 WIB. Tidak ada laporan adanya korban.

Sementara itu, dilaporkan 6 pohon tumbang, 1 baliho roboh dan 2 rumah rusak ringan di Desa Margokaton, Kecamatan Seyegan.

Kemudian di Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir dilaporkan 2 pohon tumbang, 1 rumah rusak sedang dan jaringan listrik terganggu. Juga ada pohon tumbang di wilayah Kecamatan Tempel.

"Laporan sementara korban nihil," jelas Makwan.

Penjelasan BMKG Soal Hujan Es Landa Wilayah Sleman

Sleman - Hujan es melanda wilayah Margoagung, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman sore tadi. Begini penjelasan dari BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta.

"Hujan es yang terjadi di Seyegan disebabkan karena ada konvergensi/pertemuan masa udara yang kuat pada wilayah tersebut," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Indah Retno Wulan dalam keterangannya, Selasa (29/1/2019).

"Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya terbentuknya awan-awan konvektif yang tumbuh vertikal dan didukung dengan adanya turbulensi (gerakan udara tidak beraturan atau berputar tidak beraturan akibat perbedaan tekanan atau temperatur), sehingga terjadi hujan es/hails," lanjutnya.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tanggal 29 Januari 2019 update pukul 15.45 WIB.

Bunyi peringatan dini dari BMKG : Masih terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 16.15 WIB di wilayah Sleman (Mlati, Seyegan, Minggir, Moyudan, Godean) dan dapat meluas ke wilayah Sleman (Berbah, Depok, Gamping, Ngaglik, Turi, Ngemplak, Sleman), Bantul (Kasihan, Sedayu, Sewon, Panjangan), Kulon Progo (Kalibawang, Samigaluh, Nanggulan, Girimulyo), dan wilayah Kota.

"Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga pukul18.30 WIB," jelas keterangan dari BMKG.

Sumber Berita dan Gambar : DetikNews Yogyakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Lowongan Kerja Parsley

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir