SSD Dan HDD, Apa Bedanya ?

Apa yang akan Anda lakukan jika mengalami masalah dengan data penyimpanan? Menggantinya atau memindahkan sebagian data ? Anda tidak perlu khawatir jika mengalami permasalahan tersebut, karena teknologi tidak akan membiarkan Anda terlalu lama ada dalam masalah.
Sejarah pernah mengenalkan kita dengan beberapa media penyimpanan antara lain floppy disk, disket, flashdisk, harddisk atau HDD, hingga Solid State Drive atau SSD, beberapa diantaranya juga sudah mulai ditinggalkan seperti floppy disk dan disket. Dan yang akan menjadi pokok bahasan adalah SSD dan HDD, secara fungsional keduanya sama- sama berguna untuk menyimpan file digital seperti foto, video, maupun file lainnya.

Berikut beberapa perbedaan antara SSD dan HDD yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih dan menggunakan media penyimpanan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Komponen
SSD dan HDD tersusun dari komponen yang berbeda , komponen yang digunakan SSD berupa komponen elektronik antara lain  Integrated Circuit atau IC, microchip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Sedangkan pada HDD menggunakan komponen mekanik berupa piringan metal yang berputar. Pada perbedaan komponen SSD dianggap lebih unggul karena tanpa komponen bergerak, tahan benturan dan tahan di suhu ekstrim yang lebih tinggi.

Harga 
Perbedaan yang sangat terlihat yaitu dari segi harga, dimana harga SSD jauh lebih tinggi  dibandingkan HDD. Tapi ini bukan tanpa alasan, SSD merupakan teknologi  baru yang memiliki kecepatan lebih unggul dalam baca tulis dan memiliki bentuk yang sangat ramping. Jadi harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Kecepatan Baca dan Tulis Data
Tidak memiliki komponen bergerak menjadikan SSD memiliki waktu akses lebih cepat. SSD bisa melakukan proses booting dalam kisaran waktu 10-13 detik (30% lebih cepat). Kecepatan transfer data bisa dari 200 MB/s sampai 2500 MB/s.
Berbeda dengan HDD yang menggunakan putaran piringan, sehingga membutuhkan waktu sekitar ± 30-40 detik dalam proses menyalakan komputer (booting),ini menunjukkan faktor  mekanik sangat membatasi kemampuan elektronik dari HDD. Rata-rata kecepatan transfer data bisa sekitar 200 MB/s.

Ukuran Dan Berat 
Beberapa komponen yang terdapat di HDD memang cukup berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi dan berat HDD itu sendiri, HDD juga bergantung pada putaran piringan. Sedangkan SSD di diciptakan tanpa komponen bergerak di dalamnya, sehingga design nya pun lebih minimalis tipis dan ringan. Meskipun SSD lebih tipis tapi mampu bekerja lebih baik dari HDD.

Fragmentasi 
Istilah fragmentasi adalah dimana file- file yang sudah tersimpan mulai terpencar karena kapasitas HDD mulai penuh. Sehingga HDD perlu melakukan proses fragmentasi dengan tujuan menjaga agar dapat bekerja dengan normal dan dapat digunakan terus menerus. Sedangkan Anda yang sudah menggunakan SSD tidak akan bermasalah dengan fragmentasi karena data tersimpan pada Chip Flash.

Cara Kerja
Komponen yang terdapat dalam SSD dan HDD tentu sangat mempengaruhi cara kerja keduanya. Pada HDD proses pengolahan data terjadi karena adanya sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. Berbeda dengan SSD yang semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan memori RAM.

Secara fungsional SSD dan HDD sama - sama sebagai media penyimpanan, tapi ternyata banyak sekali perbedaan yang ada didalamnya. Jika Anda bertanya mana yang terbaik dari keduanya, SSD sebagai teknologi pengembangan dari HDD jauh lebih baik.

Qwords sebagai penyedia layanan Hosting dan Domain, sudah menggunakan teknologi SSD di semua layanan Hosting nya. Hal ini tentu membuat performa website jauh lebih cepat. Selain itu harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan sebanding dengan fitur yang kita terima.

// Linda Pratiwi
PT Qwords Company International
Kantor Yogyakarta
Jl. Blotan no. 18 Kayen Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta 55584 - Indonesia
Local Phone : 0274 6058800



*** Tulisan ini adalah hasil kerjasama antara Qwords.com dengan Jogjainfo.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Lowongan Kerja Parsley