220 Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Parangtritis

Bantul - Kasus wisatawan yang tersengat ubur-ubur di kawasan Pantai Pantai Parangtritis, Bantul selama liburan lebaran mencapai 220 orang. Sebagian besar korban sengatan ubur-ubur ini adalah anak-anak.

"Sampai sore ini ada 43 wisatawan yang terkena sengatan ubur-ubur, dan kemungkinan bisa bertambah lagi," ujar Koordinator SAR Satlinmas wilayah III Parangtritis, Ali Joko Sutanto saat dihubungi detikcom, Rabu (12/6/2019) sore.

Dengan tambahan tersebut, kata Ali, jumlah wisatawan yang tersengat ubur-ubur di Pantai Parangtritis hingga hari ini sementara mencapai 220 orang. Jumlah tersebut akumulasi dari tanggal 3 Juni hingga hari ini, Rabu (12/6/2019).

"Iya (jumlah wisatawan yang tersengat ubur-ubur selama musim liburan ada 220 orang)," ucap Ali.

Ali megatakan mayoritas wisatawan yang tersengat ubur-ubur berasal dari kalangan anak-anak. Menurutnya, hal itu karena mereka menyentuh ubur-ubur saat bermain di pinggir pantai.

"Mayoritas (wisatawan) yang terkena sengatan ubur-ubur anak-anak, ada yang karena menyentuh dan ada juga yang saat bermain air kemudian terkena sengatan ubur-ubur," ujarnya.

Karena itu, Tim SAR selalu mengimbau kepada wisatawan di Pantai Parangtritis agar tidak menyentuh ubur-ubur beracun tersebut. Selain itu, jika wisatawan terkena sengatan ubur-ubur diimbau agar segera menuju ke Posko SAR Parangtritis.

"Efek sengatan itu membuat bagian tubuh yang tersengat jadi panas, dan paling parah bisa sesak napas. Jadi kalau ada yang tersengat (ubur-ubur) silakan langsung ke Posko SAR unruk mendapat pertolongan medis," kata Ali.

Sumber : DetikNews Yogyakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

32 Tim Ikut Turnamen Neofutsal