Pentingnya Backup Data Pada Website

Jika perangkat hilang atau memori data yang ada di perangkat corrupt/rusak apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya?
Data adalah nyawa pada website. Hal tersebut yang menjadikan backup website penting dengan tujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, yaitu terjadinya kehilangan data-data penting karena kerusakan pada perangkat penyimpanan. Untuk menghindari hilangnya data, Anda perlu mem-backup data secara berkala mulai harian, mingguan, hingga bulanan ke lokasi penyimpanan yang aman. Berikut ini beberapa penyebab hilangnya data pada website:

Human Error
Terkadang kurangnya fokus kita saat menghapus data membuat data penting lainnya ikut terhapus secara permanen tanpa disengaja. Karena hal inilah back up data sangat  penting dilakukan sebagai tindakan preventif.

Website Down
Hilangnya beberapa data adalah kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi pada saat website mengalami downtime. Dimana hal tersebut merupakan salah satu hal yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadinya.

Harddisk Rusak / Corrupt File 
Kerusakan harddisk bisa disebabkan berbagai hal seperti guncangan dan ketidakstabilan listrik. Harddisk juga memiliki umur dan masa pakai, jika habis masa pakainya harddisk menjadi rusak atau bermasalah. Jadi sebelum kehilangan data, melakukan proses backup adalah keputusan yang sangat bijak.

Serangan Virus dan Malware
Ketika Anda menggunakan perangkat digital, bukan berarti Anda sudah aman dari pencurian data. Karena tidak sedikit  program yang dikirimkan ke komputer Anda ternyata beresiko merusak bahkan menghilangkan data Anda.

Metode Hacking 
Kita memang tidak menginginkan hal ini menyerang website milik kita. Tapi resiko hacking/ pencurian dapat menimpa siapa saja.

Qwords sebagai perusahaan penyedia layanan domain dan hosting juga menyediakan layanan Backup dengan 2 jenis:
Instant Backup, yaitu layanan yang sudah ada di dalam layanan hosting Qwords, dimana backup ini nanti akan bekerja secara otomatis dan berkala (harian, mingguan, dan bulanan).
FTP Backup, khusus layanan Cloud VPS, Colocation Server, dan Dedicated Server harus memesan layanan tambahan FTP Backup untuk backup data servernya. Layanan ini akan terkonfigurasi secara langsung dan pelanggan bisa menentukan jadwal backup dengan opsi harian, mingguan dan bulanan.
Terdapat 2 macam layanan eksternal FTP Backup, yaitu Shared FTP Backup dan Dedicated FTP Backup. 

Dalam hal Backup, Qwords melakukan Backup secara otomatis, dan menggunakan disk berkecepatan tinggi dengan sistem RAID Mirroring, dimana hasil backup tersebut diletakkan ke dalam Network Attached Storage.

Manual backup atau backup secara mandiri dan berkala juga penting Anda lakukan meskipun layanan Hosting Anda telah dilengkapi fitur Auto Backup. Alasannya, untuk meningkatkan keamanan data dengan lebih optimal karena melibatkan Anda sebagai pemilik data. Manual backup wajib dilakukan agar mudah melakukan restore data dan data di website tetap aman disimpan pada PC atau laptop yang digunakan jika suatu saat dibutuhkan.

#Linda Pratiwi
PT Qwords Company International
Kantor Yogyakarta
Jl. Blotan no. 18 Kayen Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta 55584 - Indonesia
Local Phone : 0274 6058800



*** Tulisan ini adalah hasil kerjasama antara Qwords.com dengan Jogjainfo.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Lowongan Kerja Parsley

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir